Permodelan : Sistem Teknologi Irigasi Sumur Gembor di Pleret, Panjatan, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta, Indonesia

Penggunan gembor untuk menyirami tanaman sayuran, khususnya selada di Pleret Kulon Progo masih diterapkan oleh petani di wilayah ini. Dikombinasikan dengan sumur berderet di sawah dengan jarak kurang  8 meteran. Akan menjadikan kemudahan tersendiri untuk sistem irigasi pada lahan pertanian di wilayah ini. Meskipun ada juga yang menggunakan mesin pompa dengan bahan bakar bensin. Namun sebagian warga masih memilih teknik irigasi atau penyiraman menggunakan gembor. Di samping menghemat biaya, ada keuntungan lainnya yang diperoleh, yakni sekaligus olah raga.

Seperti apakah gambaran di daerah ini, bisa disimak pada foto- foto di bawah ini beserta keterangan tambahan :


Foto 01

Terlihat air yang tidak terlalu dalam di dalam lingkaran buis, pertanda, bahawa kedalamansumber mata air yang tidak terlalu dalam jika dibandingkan dengan daerah Gunung Kidul yang dapat mencapai kedalaman dua puluhan meter. Dengan keadaan demikian, akan memudahkan pengambilan air, saat diambil menggunakan alat bantu yang bernama gembor.

Foto 02

Tampak satu buis sumur ditengah sawah ini, sebuah gubuk pun terlihat jauh di belakang sana sebagi tempat berteduh saat panas sinar matahari di siang hari atau sekedar untuk istirahat dikala kelelahan saat bekerja.

Foto 03

Petani ini menyirami tanaman lomboknya menggunakan selang untuk disemprotkan ke tanaman. Sebagai perbandingan dengan penyiraman sistim gembor.

Foto 04

Lebih dekat lagi, proses penyiraman menggunakan selang terlihat lebih jelas, kesamaan saat air menyemprot ketika dari selang, merupakan tujuan utama. Dengan memainkan jemari tangan diujung selang, keluaran air dapat dikontrol sesuai keinginan.

Foto 05.

Di sisi sebelah sawah terlihat rentetan sumur yang dibuat untuk penyiraman tanaman yang ditanam di sawah milik petani yang bersangkutan

Foto 06

Foto 07

Foto 08

Foto 09

Foto 10

Foto 11

Foto 12

Foto 13

Foto 14

Foto 15

Foto 16

Foto 17

Foto  18

Foto 19

Foto 20

Foto 21

Foto 22

Iklan